Wednesday, February 08, 2012

Sedikit Tips Di Ef Bi agar senantiasa istiqomah melaksanakan Qiyamullail

Qiyamullail adalah ibadah orang2 yg istimewa, maksudnya hanya orang2 yg diberi taufiq yg bisa melakukan ibadah malam tersebut. Yaitu orang yg memenuhi syarat2 tertentu hingga ia mudah bangun malam.

Ada beberapa tips agar bisa bangun malam, dan insyaAlloh menurut ana ini sangat manjur,langsung wae nya

1. Sedikit makan
2. Tidak terlalu capek aktivitas disiang hari
3. Qilulah (tidur sebentar disiang hari,ini membantu bangun malam)
4. Menjauhi perbuatan dosa, seperti gossip, dusta, fitnah,de el el..
5. Tidur diawal malam
6. Sebelum tidur ambil wudhu -->>sholat witir -->>dan berniat qiyamullail
7. Tidak tamak dengan dunia (engga terlalu cinta dunia)
8. Mengetahui keutamaan2 shalat malam. Secara ilmiah telah di buktikan bahwa shalat malam sangat bermanfaat untuk :
- Otak (menjadi cerdas dan tidak pikun)
- Tubuh (anti body meningkat, tidak mudah sakit)
- Untuk membentuk Kepribadian, (yg senantiasa qiyamullail maka akan mempunyai kepribadian/akhlak yg bagus)
- Dan masih banyak lagi, semua itu hasil dari penelitian tentang qiyamullal, silahkan cari keutamaan2 qiyamullail di embah google.. ^^
9. Rasa cinta kepada Alloh,inilah inti dari point-poin diatas,

Utk point ke 6, sangat ana sukai dan tdk ingin ana lewatkan, karena walaupun tdk bisa melaksanakan qiyamullail (telat bangun) tapi tetap kita memperoleh pahala dari Alloh ta’ala tetapi sebelumnya sudah niat qiyamullai dengan sungguh2. sbgaimana dalam sabdanya
Nabi saw: “barangsiapa yg berangkat keperaduan dgn niat shalat malam, namun dikalahkan oleh (kantuk) kedua matanya hingga subuh. Maka Alloh Azza wa zalla mencatat pahala atas niatnya dan tidurnya dinilai sebagai sedekah(HR. Nasa’i III/25)(Ibn Majah 1344)

Sahabatku Keluarga Besar Ldk Commitment..
Jika cara2 diatas sudah diamalkan tapi sahabat belum bisa melaksanakan qiyamullail, maka ana sarankan untuk fokus ke point 4. Karena itu pasti, amat, sangat menentukan sekali.

fudhail bin iyadh berkata: ”jika engkau tak mampu sholat malam & puasa di siang hari, ketahuilah bahwasanya engkau sedang dibelenggu oleh dosamu {Shifatush Shofwah:2/238}

hati ibarat kaca
dosa adalah ad-dzulumat (kegelapan)
taufiq Allah ta’ala adalah an-nur (cahaya)

cahaya tidak akan bisa menembus kaca yg berwarna gelap. Begitu pun taufiq Alloh ta’ala tidak akan masuk kepada hati yg penuh dengan dosa. Maka syarat untuk bisa mendapat taufiqNya adalah hati yg bersih yg tdk terlalu banyak berbuat dosa.

Ibnul Qayyim berkata :”Siapa yang menginginkan agar hatinya bersih maka hendaklah dia lebih mementingkan Allah daripada syahwatnya.” (Al-Fawa’id)

Dosa yg membuat hati menjadi rusak banyak sekali, namun ada dosa yg pada umunya slalu qta lakukan disiang hari dan bahkan kita tidak menyadarinya bahwa itu adalah perbuatan dosa. Yaitu dlm hal berbicara.

Berbicara yg tidak mengingatkan kita kpd Alloh secara berlebihan adalah dosa yg dapat merusak hati spt yg di dikatakan sahabat Umar bin khatab r.a

“kalian jangan banyak berbicara sesuatu tentang yang tidak mengingatkan akan Alloh karena hati kalian akan menjadi keras. Hati yang keras jauh dari Alloh, tetapi kalian tidak menyadarinya.”

Pertanyaannya: SULIT JIKA HARUS MENINGGALKAN HAL INI?
Benar, Awalnya ana sendiri juga merasakan hal itu, tapi setidaknya dengan mengurangi pembicaraan2 yg tidak bermakna maka hal itu dpt membantu bangunnya di malam hari. Jadi, Sedikit2 saja dulu ya !!! ^^

Utk sahabat-sahabatku fillah, hayu wang diajar untuk slalu mengingat Alloh, misalkan ketika melihat keindahan ucapkan subhanallah, ketika melihat aurat astaghfirullah, ketika mendapat kesenangan Al hamdulillah, de el el..

Tos ah nulis infona bade ibak heula..^^
Semoga bermanfaat sareng sadayana.. hapunten, bilih aya kahilafan geura diingetkeun nya ! soale sami-sami nuju diajar ieu teh..


Source : http://www.facebook.com/n/?groups%2Fcommitmentpoltekposindonesia%2F299751716748297%2F&mid=59bc2ffG4e643d8eG226ee8eG96&bcode=tYYRBk6H&n_m=kalidam88%40yahoo.co.id

No comments:

Post a Comment