Wednesday, October 02, 2013

Kutipan dari tetangga Sebelah (Oktober 2013)

Maukah kalian aku tunjukkan akhlak yang paling mulia di dunia dan diakhirat? Memberi maaf orang yang mendzalimimu, memberi orang yang menghalangimu dan menyambung silaturrahim orang yang memutuskanmu” (HR. Baihaqi)


"Orang yang mengusahakan bantuan (pertolongan) bagi janda dan orang miskin ibarat berjihad di jalan Allah dan ibarat orang shalat malam. Ia tidak merasa lelah dan ia juga ibarat orang berpuasa yang tidak pernah berbuka." (HR Bukhari)


“Ceritakanlah kpd mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yg sebenarnya,ketika keduanya mempersembahkan qurban,maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tdk diterima dari yg lain (Qabil).Ia berkata (Qabil):“Aku pasti membunuhmu!”.Berkata Habil:“Sesungguhnya Allah hanya menerima (qurban) dari orang-orang yg bertakwa.”[QS Al-Maidah : 27]


Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (QS Al Baqarah:195)


Abu Dzar ra. mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda : “Bertakwalah kepada Allah dimana pun kamu berada, iringi perbuatan jelek dengan perbuatan baik, niscaya perbuatan baik akan menghapus dosa perbuatan jelek dan bergaullah dengan akhlak yang terpuji. (HR. Tirmidzi)


“Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam pada hari kiamat sebelum ditanya tentang 4 perkara : Tentang umurnya untuk apa ia habiskan, masa mudanya untuk apa ia gunakan, hartanya dari mana diperoleh dan kemana dibelanjakan, dan ilmunya, apa yang diamalkannya.” (HR Tirmidzi)

No comments:

Post a Comment