Sunday, January 02, 2011

Hadist Januari 2011

Dari Abdullah bin Amr bin al-Ash r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda, "Seorang Muslim adalah yang dapat selamat sekalian orang Muslim dari gangguan lidah dan tangannya. Seorang Muhajir adalah orang yang meninggalkan semua larangan Allah." (Bukhari - Muslim). Kullu aamin wa antum bi khoir – semoga tahun 2011 dipenuhi dengan kebaikan.


Dari Sahl bin Sa'ad r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda kepada Ali r.a., "Demi Allah, jika Allah memberi hidayah kepada seseorang karena ajaranmu maka yang demikian itu bagimu lebih baik dari kekayaan binatang ternak yang merah-merah." (Bukhari - Muslim)

Barangsiapa memberi contoh prilaku yang baik dalam Islam, maka ia mendapatkan pahala kebaikannya dan pahala orang-orang yang meniru perbuatannya itu tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang mengikutiya. (HR. Muslim). Ya Allah jadikanlah kami menjadi pelopor kebaikan. Amiin

Dari Abu Hurairah r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda, "Setiap hamba Allah melewati waktu paginya, tentu ada dua malaikat yang turun berdoa. Yang satu berdoa, "Ya Allah, berilah ganti (balasan yang berlipat) kepada orang yang suka memberi (dermawan)." Malaikat yang kedua berdoa, "Ya Allah, berilah kepada orang yang kikir itu kehancuran dan kemusnahan pada hartanya." (Bukhari - Muslim)



Hikmah Indah Dari Sahabat:
"Pelajaran & pengalaman berharga di dpt dr KEGAGALAN,bukan dr kesuksesan. Kenikmatan sukses di dpt, ketika berhasil mengatasi setiap kegagalan yg dihadapi."(Hukama). Selamat menjamu aktivitas



Mutiara Hikmah :
"Ketika kerjamu tidak dihargai, maka saat itu kau sedang belajar ketulusan. Ketika usahamu dinilai tidak penting, maka saat itu kau sedang belajar tentang keikhlasan. Ketika hatimu terluka dalam, maka saat itu kau sedang belajar tentang memaafkan. Ketika kau merasa lelah dan kecewa, maka saat itu kau sedang belajar tentang kesungguhan. Ketika kau merasa sepi dan sendiri, maka saat itu kau sedang belajar tentang ketangguhan." (Abu Dzar)


Dari Abu Barzah Al Aslamy r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda, "Seorang hamba tidak bergeser dari tempatnya pada hari kiamat sehingga ditanya empat hal; Pertama, mengenai umurnya dihabiskan untuk apa; Kedua, mengenai ilmunya digunakan untuk apa; Ketiga, mengenai hartanya dipakai untuk apa dan dari mana asalnya; Keempat, mengenai tubuhnya yang sehat dimanfaatkan untuk apa." (Tirmidzi. Menurut beliau, hadits ini hasan)


Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam, yaitu bila engkau berjumpa dengannya ucapkanlah salam; bila ia memanggilmu penuhilah; bila dia meminta nasehat kepadamu nasehatilah; bila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillah bacalah yarhamukallah (artinya = semoga Allah memberikan rahmat kepadamu); bila dia sakit jenguklah; dan bila dia meninggal dunia hantarkanlah (jenazahnya)". (HR Muslim).



Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa melepaskan kesusahan seorang muslim dari kesusahan dunia, Allah akan melepaskan kesusahannya pada hari kiamat; barangsiapa memudahkan seorang yang mendapat kesusahan, Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat; dan barangsiapa menurutpi (aib) seorang muslim, Allah akan menutupi (aibnya) di dunia dan Akhirat; dan Allah selalu akan menolong hambanya selama ia menolong saudaranya." (HR Muslim)

No comments:

Post a Comment